Kamis 31 Maret, Jamaah Tarekat Syattariah di Nagan Raya Mulai Puasa

Ilustrasi. (merdeka)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Jamaah Tarekat Syattariah pengikut Habib Muda Seunagan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh menetapkan 1 ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada hari Kamis (31/3). Sehingga mulai malam ini mereka ibadah salat tarawih pertama.

Penetapan awal ramadhan itu setelah para ulama dan tengku dayah pengikut Tarekat Syattariyah menyepakati awal ramadan 1443 jatuh pada hari Kamis besok.

Cucu Kandung Habib Muda Seunagan, Abu Said Kamaruddin mengatakan, hasil itu sudah disepakati bersama melalui hisab yang telah diajarkan oleh Habib Muda Seunagan.

“Kamis mulai puasa. Ini hasil kesepakatan para ulama dan teungku-teungku dayah pada Kamis yang lalu,” ujar Abu Said Kamaruddin saat dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, untuk menentukan awal Ramadan mereka memiliki hisab sendiri, misalnya ada hisab bilangan lima serta lima tahun bilangan naik.

“Kalau misalnya jatuh Rabu dinaikkan ke Kamis, dalam lima tahun, kemudian ada lima tahun bilangan turun. Kalau jatuh pada hari Senin, Selasa, Kamis, itu tetap. Tidak dipindahkan lagi,” ucapnya.

Dalam ajarannya, tidak diperbolehkan untuk menjatuhkan awal Ramadan pada hari Rabu atau Kamis. Jika bertepatan  dengan hari itu maka akan digeser ke hari berikutnya.

“Kami pengikut Syattariyah Habib Seunagan memang sudah diamanatkan oleh guru kami Habib Seunagan, awal Ramadan kalau jatuh pada hari Rabu dan Jumat dilarang ambil, kemudian digeser sehingga diambil hari Kamis,” kata dia.

Related posts