Gubernur: lapangan kerja solusi untuk penanam ganja

Gubernur: lapangan kerja solusi untuk penanam ganja
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat berkunjung ke Takengon, Minggu (28/2) (Dok. Humas Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh terus berupaya mencari solusi terbaik agar para penanam ganja beralih menanam tanaman pertanian yang tidak melanggar hukum. Tidak sebatas memberikan bantuan pertanian, Pemerintah juga gencar mengundang investor untuk berinvestasi di Aceh agar tercipta lapangan kerja baru.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat menghadiri undangan makan malam bersama Kapolda Aceh, Irjen Pol Hussein Hamidi, di Rumah Dinas Kapolda Aceh di kawasan Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu (27/2).

“Tadi siang, Pak Kapolda beserta tim dan Kadiv Humas Mabes Polri telah menemukan ladang ganja seluas 54 hektar di kawasan Seulawah, Aceh Besar. Pencegahan ini tentu saja hal yang positif, namun hal ini tentunya sangat merisaukan kita semua jika tidak dicarikan solisi terbaik. Kita tentu saja tidak ingin ini terus berulang,” ujar Zaini.

Zaini menyatakan luasnya wilayah hutan Aceh dan kebiasaan para penanam ganja yang selalu berpindah-pindah mengakibatkan aparat kepolisian harus bekerja ekstra. Oleh karena itu, ia merasa perlu untuk meminta pemerintah pusat memberikan bantuan berupa helikopter kepada Polda Aceh untuk melakukan razia udara.

“Penemuan ladang ganja setiap tahunnya saya kira bukan dikarenakan kinerja kepolisian yang tidak maksimal, namun karena kebiasaan para penanam ganja yang selalu berpindah-pindah. Kondisi ini ditambah lagi dengan lokasi penanaman yang sering dilakukan di wilayah yang sulit dijangkau,” sambungnya.

Zaini Abdullah juga menegaskan pendekatan hukum semata tak cukup ampuh untuk menghentikan kebiasaan para penanam ganja karena alasan mereka melakukan hal tersebut karena keterbatasan ekonomi.

“Ini penyakit, jadi kita harus sesuaikan jenis hukumannya. Jika hanya sebatas hukuman maka saya kira tidak akan selesai. Intinya adalah sosialisasi yang merata kepada seluruh lapisan masyarakat mengenai bahaya dan efek buruk barang haram tersebut,” ujarnya.

Zaini meyakini jika sosialisasi sudah dilakukan secara merata serta memberikan bantuan pertanian untuk masyarakat, maka para penanam ganja dengan sendirinya akan beralih dari profesi itu. [Sammy/rel]

Related posts