Lintas komunitas di Banda Aceh akan gelar Festival Kota Kita

Logo Festival Kota Kita. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Berbagai lintas komunitas yang ada di Banda Aceh akan menggelar Festival Kota Kita di ruang terbuka hijau Gampong Lambung, Ulee Lheue, Banda Aceh, pada 7-8 Mei 2016 mendatang.

Perwakilan Cluster Creative City dari Komunitas Polyglot Indonesia Regional Aceh, Issana Burhan menjelaskan para lintas komunitas ini menginginkan agar Kota Banda Aceh terdaftar dalam salah satu kota kreatif di Indonesia.

Tambahnya, untuk konsep creative city ini sebenarnya mengintegrasikan informasi, komunikasi, dan teknologi untuk layanan perkotaan atau layanan publik.

“Masyarakat harus ikut dalam pembangunan kota kreatif. Pemerintah juga harus mendukung untuk memfasilitasi kreatifitas masyarakat, seperti pameran,” ujar Issana, Jumat (15/4).

Issana menambahkan kota kreatif ini mementingkan ekonomi dan dinamika budaya. Ia juga menilai berdasarkan kontribusi dibidang kreatif, terhadap pembangunan ekonomi dan lapangan kerja kota.

Nantinya, pada festival ini ada empat cluster, yaitu Cluster Creative City, Green City, Culture and Heritage City, dan Youth and Social.

Kota kreatif secara resmi dikeluarkan UNESCO yang mempunyai indikatornya. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa kota kreatif, seperti Solo, Yogyakarta, Bandung, dan Pekalongan. [Aidil Saputra]

Related posts