Ade Komarudin lunasi setoran Rp1 miliar maju Caketum Golkar

Bakal Caketum Partai Golkar, Ade Komarudin. (CNN Indonesia)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Bakal calon ketua umum Partai Golkar, Ade Komarudin akhirnya melunasi syarat biaya setoran pendaftaran Rp1 miliar, kepada panitia Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar, Jumat (6/5) siang.

Anggota tim sukses Ade Komarudin, Bambang Soesatyo menyatakan pihaknya semula keberatan dengan syarat biaya tersebut. Apalagi, kata Bambang, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menganjurkan agar syarat Rp1 miliar itu ditiadakan.

“Namun jujur saja kami ‘terpaksa’ mengikuti permintaan panitia agar dana Rp1 miliar disetor paling telat hari ini dengan batas waktu pukul 12.00 siang,” kata Bambang melalui keterangan tertulisnya, Jumat (5/6).

Sebab, menurutnya, jika bakal caketum tidak menyetorkan syarat tersebut, maka panitia akan mencoret dan menganggap bakal calon itu mengundurkan diri.

Bambang merasa prihatin dengan syarat biaya Rp1 miliar karena ia khawatir, budaya ini akan menjalar ke tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga tingkat desa.

“Seharusnya Golkar sebagai partai tertua memberikan contoh pembelajaran politik yang baik. Bukan sebaliknya,” kata Bambang.

Ketua Komite Pemilihan Munaslub Partai Golkar Rambe Kamarulzaman, sebelumnya mengatakan panitia akan rapat mengenai hasil verifikasi bakal calon ketua umum pada siang ini.

Rapat, kata Rambe, juga akan membahas mengenai pembayaran bakal caketum untuk melunasi syarat Rp1 miliar. Hasil rapat siang ini, akan menetapkan bakal calon ketua umum yang lolos verifikasi. [CNN Indonesia]

Related posts