28.2 C
Banda Aceh

Jelang Pilkada, masyarakat diminta waspadai isu dari medsos

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Jakarta (KANALACEH.COM) – Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Indonesia, masyarakat diminta untuk mewaspadai isu-isu yang muncul dari wadah media sosial.

Terkadang, banyak pihak yang menyalahgunakan jejaring sosial itu untuk menghasut yang berujung pada konflik horizontal.

Melihat hal itu, Sosiolog, Sigit Rochadi menyatakan media sosial sekarang merupakan kekuatan sosial yang perlu diperhitungkan karena merupakan wahana untuk mempersatukan pikiran, bahasa dan gerakan untuk memobilisasi massa.

- Advertisement -

“Yang perlu diwaspadai adalah kampanye hitam melalui media sosial,” kata Sigit, Selasa (18/10).

Lanjut Sigit, dalam upaya pembusukan tidak bisa dihindari satu sama lain, namun, memang tidak semua isu yang di dunia maya itu memicu konflik.

Selain itu, Sigit yang juga dosen Universitas Nasional (UNAS) itu memprediksi, gelaran Pilgub DKI Jakarta mendatang potensial terjadi konflik sangat tinggi. Pasalnya, terlihat dari orang-orang yang hari ini bertarung dalam berebut kursi DKI 1.

“Aktor utamanya tetap Mega vs Prabowo vs SBY. Semua pihak akan memobilisasi sumberdaya termasuk SARA dan Pilgub Jakarta ini setara dengan pemilihan Presiden (Pilpres) karena posisi strategis ibu kota dalam politik Indonesia,” paparnya. [Okezone]

Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru