Pasca erupsi Sinabung, harga cabai di Banda Aceh naik

Pasca erupsi Sinabung, harga cabai di Banda Aceh naik
Cabai. (liputan6.com)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Harga cabai merah di Banda Aceh mengalami kenaikan sekitar 10 persen. Pasalnya, erupsi Gunung Sinabung mengakibatkan pasokan berkurang.

Cabai merah di Pasar Peunayong, Banda Aceh, biasanya dijual Rp 30.000 perkilogram dan kini naik menjadi Rp 37.000-Rp 40.000/Kg.

Kenaikan ini sudah terjadi sejak dua hari lalu. Pasokan cabai di ibu kota provinsi Aceh dipasok dari Aceh Tengah dan Karo, Sumatera Utara.

Ads

Seorang pedagang cabai di Banda Aceh, Wati mengatakan, pasokan cabai di Banda Aceh dalam dua hari terakhir mulai menipis akibat tidak ada kiriman dari Karo, Sumatera Utara. Selain itu, petani di Aceh Tengah juga menjual cabai mereka ke Sumatera Utara.

loading...

“Petani cabai di Aceh membawa cabai mereka yang sudah dipanen ke Sumatera Utara. Di sana bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi,” kata wati saat ditemui wartawan, Kamis (22/2).

Selain cabai, sejumlah komoditi lain juga mengalami kenaikan harga seperti bawang merah, tomat, kol, kentang dan lainnya. Namun kenaikannya tidak terlalu signifikan. Rata-rata hanya naik Rp 500 hingga Rp 1000 dari harga biasanya.

“Sekarang daya beli masyarakat mulai berkurang karena harganya yang mahal. Kita memprediksi kondisi seperti ini hingga seminggu ke depan,” kata Wati. [Randi]

Ads