Mulai 23 Mei Kapal Ferry Banda Aceh-Sabang Setop Beroperasi

KMP BRR. (Kanal Aceh/DA)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Jasa angkutan penyeberangan Ferry ASDP untuk lintasan Sabang – Banda Aceh dan sebaliknya, mulai tanggal, 23 sampai 25 Mei 2020 ditiadakan alias setop operasi sementara.

Hal ini berdasarkan Surat dari Sekretaris Daerah Kota Sabang No:440/2946 tanggal 19 Mei 2020 tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease (Covid-19).

Sekretaris Daerah Kota Sabang, Zakaria  mengatakan bahwa ditiadakannya penyeberangan ferry jalur Ulee Lheue-Sabang merupakan kesepakatan bersama setelah mempertimbangkan beberapa hal.

“Kapal Ferry ASDP stop beroperasi pada tanggal 23 – 25 Mei 2020 dan kembali beroperasi pada hari Selasa tanggal 26 Mei 2020,” kata Sekda Kota Sabang. Jumat (22/5).

Katanya, terdapat beberapa hal yang dipertimbangkan menyangkut keputusan tersebut yaitu bahwa pada H-1 dan H+1 hari Raya Idul Fitri mobilisasi bahan pokok ke Kota Sabang relatif minim.

Selain itu, Sekda menambahkan bahwa kebijakan ini dibuat dengan memperhatikan kondisi personil yang bertugas di pelabuhan untuk perlu diberikan kesempatan berlebaran bersama keluarga.

“Kita berikan kesempatan para personil untuk sejenak beristirahat dan berkumpul dengan keluarga saat lebaran ini,” ujarnya.

Menurutnya, lebaran merupakan kesempatan semua orang untuk tetap dirumah saja selama masa pandemi ini. Ditiadakannya penyeberangan kapal ferry, selain dapat mencegah dan mengantipasi penyebaran Covid-19, juga dapat membantu para personel yang bertugas untuk istirahat sejenak dari rutinitas dan berkumpul bersama keluarga.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMK Kota Sabang, Yusra mengatakan bahwa menjelang lebaran idul fitri dan tidak beroperasinya kapal ferry selama tiga hari tidak terlalu berpengaruh terhadap kesediaan bahan pokok di Kota Sabang.

“Untuk saat ini sampai dengan lebaran nantik, bisa dipastikan kesedian bahan pokok masih aman, dan harga pun tetap stabil,” katanya. [red]

Related posts