DPRK Desak Pemerintah Perlebar Jalan di Bireuen

DPRK Desak Pemerintah Perlebar Jalan di Bireuen
Ilustrasi pelebaran jalan (Kompas)

Bireuen (KANALACEH.COM) – Wakil Ketua DPRK Bireuen, Atahillah M Saleh mendesak Pemerintah Pusat untuk segera melakukan pelebaran ruas jalan nasional Medan – Banda Aceh, khususnya di Kawasan Kutablang, karena sarana transportasi tersebut semakin sempit dan berlubang.

“Seingat saya ruas jalan nasional kawasan Kutablang dibangun lebih dari 25 tahun lalu, namun hingga kini belum ada perbaikan. Sementara jumlah kendaraan yang melintas di ruas jalan nasional tersebut makin tinggi dan padat, sehingga tidak sepadan lagi dengan ruas jalan yang semakin sempit,” katanya di Bireuen, Minggu (24/1).

Ia menyatakan, jumlah kendaraan yang melintas terlihat tidak sepadan dengan lebar jalan, sehingga sangat rawan kecelakaan.

Bahkan, tambah dia, sudah sangat sering terjadi kecelakaan, apalagi ketika musim hujan, ruas jalan nasional berlubang digenangi air hujan, sehingga menyusahkan pengendara.


Berita terkait:

Badan Jalan di Tapaktuan Tertimbun Longsor

Jalan dan Jembatan Masih Jadi Problem di Singkil


Dikatakan, untuk mencegah genangan air, selain pelebaran jalan, juga harus dibangun saluran pembuang yang memadai agar tidak terjadi genangan.

“Tidak salah kalau masyarakat menanam pohon pisang di jalan yang berlubang itu, untuk memberi tanda bahaya. Karena itu kami mendesak pemerintah pusat untuk segera melakukan pelebaran ruas jalan nasional kawasan Kutablang,” tegas Atahillah.

Selain itu, letak jalan sudah sangat rendah dari bangunan yang ada di kiri kanan jalan. “Sekarang ini kondisi jalan nasional sudah sangat rendah dari bangunan, sehingga air hujan meruah ke badan jalan,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bireuen, Ruslan M. Daud mengatakan tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016, akan membangun ruas jalan Pasar Kutablang.

“Tahun ini kita sudah menganggarkan dana untuk membangun jalan pasar Kutablang,” kata Ruslan.

Ruslan mengajak masyarakat untuk sama-sama mendukung pembangunan ruas jalan pasar Kutablang yang akan segera dibangun dalam tahun ini.

“Selain jalan pasar, kita juga akan merenovasi kawasan pasar Kutablang,” katanya. [Antara News]

Related posts